2500 Dosa Akan Engkau Leburkan

 

Hari demi hari kita lalui, tak pernah luput dari dosa. Tapi alhamdulillah, agama islam yang mudah ini dantang membawa kemudahan. Pintu – pintu taubat yang maha luas itu terbuka lebar bagi siapa saja yang ingin memasukinya. Amalan – amalan pelebur dosa begitu banyak, siapa yang mengamalkannyaniscaya akan selalu bersih dari noda – noda dosa.

 

Pembaca yang baik, akan kami hadirkan di hadapan anda sebuah dzkir yang sangat diucapkan namun sangat berat di timbangan amal dan dapat meleburkan 2500 dosa. Demikian, silahkan disimak…

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda…

 

 

“ Ada dua hal yang apabiladihafal atau dijagaoleh seorang hambamaka ia akan masuk ke dalam surga. Dua hal yang mudah, namun sangat sedikit manusia yang mengerjakannya, yaitu setiap selesai shalat maka ia bertasbih (mengucapkan subhanallah) sebanyak 10 kali, bertahmid (mengucapkan alhamdulillah) 10 kali dan bertakbir (mengucapkan Allahu Akbar) 10 kali. Yang demikian itu nilainya adalah 150 di lisan dan 1500 di mizan (timbangan catatan amal).

Dan jika beranjak menuju tempat tidurnya, ia bertasbih 33 kali, bertahmid 33 kali dan bertakbir 33 kali, maka yang demikian itu bernilai 100 di lisan dan 1000 di mizan.”

 

Kemudian nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam berkata,” Siapakah di antara kalian yang beramal kejelekan dalam sehari semalam sebanyak 2500 kejelekan…?”

 

Berkata ‘Abdullah,” Saya melihat Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menghitung dengan tangannya. Lalu para sahabat bertanya,” Wahai rasulullah, kenapa mereka tidak menjaga amalan itu padahal amalan itu mudah?”

 

Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab,” Setan mendatangi salah seorang di antara kalian yang sedang shalat, lalu dia berkata,” Ingatlah ini dan itu (dan jangan berdzikir)”…kemudian setan juga mendatanginya ketika hendak tidur serta membuatnya ketiduran.”

 

(HR. Abu Dawud, no. 5065 dan Tirmidzi, no. 3410 dalam kitab Shahih Abi Dawud, hadits no. 1346)

 

Di antara kebaikan yang terkandung dalam hadits di atas adalah…

  1. Dalam sialam, banyak sekali pintu – pintu kebaikan dunia dan akhirat. Seorang hamba tinggal memilih dari pintu mana ia akan masuk.
  2. Kebanyakan manusia lalai dari melakukan amal yang dapat mengantarkan dirinya menuju kebahagiaan akhirat, meski amal itu sebenarnya ringan dikerjakan.
  3. Di antara bentuk amal ringan dikerjakan namun berat di timbangan adalah…
    1. Ucaapan subhanallah, alhamdulillah dan allahu akbar masing – masing sebanyak 10 kali setiap selesai shalat.
    2. Ucapan subhanallah, alhamdulillah, masing – masing sebanyak 33 kali dan allahu akbar sebanyak 34 kali setiap hendak tidur.
    3. Jika seseorang melakukan kedua amalan tersebut dalam sehari semalam, maka akan dihapus 2500 dosa dari dirinya…

Ditulis oleh al ustadz Abu Bakar al Atsari, di majalah al Mawaddah edisi ke-7 tahun 2, Shafar 1430 H, Februari 2009 M

 

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s